Thursday 25 April 2013

Apa itu Arsitek?


          jika kita menanyakan pada orang awam, kebanyakan dari mereka akan mengatakan bahwa arsitek adalah seorang perancang bangunan.
namun sebenarnya lingkup kerja seorang arsitek lebih luas, ia bisa mendesain interior ruangan, kompleks perumahan, bahkan perkotaan dan regional.
kalo dilihat dari arti katanya, "Arsitek" berasal dari Latin architectus, dan dari bahasa Yunani: architekton (master pembangun), arkhi (ketua) + tekton (pembangun, tukang kayu).
jadi bisa diartikan bahwa arsitek adalah ahli rancang bangun, bukan hanya sebagai perancang sebuah bangunan tunggal.
kalo di lapangan, arsitek bertugas sebagai tangan kanan pemilik/pemberi proyek untuk merancang dan mengawasi kontraktor agar pembangunan berjalan sesuai rencana.
      Sedangkan pengertian ARSITEKTUR sendiri adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kotaperancangan perkotaanarsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunandesain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

(wikipedia)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...